Selasa, 14 Maret 2017

Epilog


E p i l o g

Apabila Anda setuju dan terinspirasi dengan apa yang disampaikan dalam buku “Hikmat – Membangkitkan Ruh Pancasila”  maka aksi nyata selanjutnya adalah menyampaikan Hikmat kepada sebanyak mungkin kerabat baik saudara, teman dekat, tetangga, ataupun rekan di tempat bekerja.

Ceritakan dengan bahasa Anda sendiri sejauh yang dipahami. Sampaikan apa yang menarik bagi Anda sehingga bisa dijadikan bahan obrolan santai selayaknya obrolan sambil ngopi.

Yang kita lakukan adalah usaha bersama untuk mengajak sebanyak mungkin manusia Indonesia hidup dalam tatanan yang lebih baik dengan membangkitkan kesadaran nilai-nilai universal yang ada di Pancasila sebagaimana terdapat dalam agama dan keyakinan yang kita anut saat ini, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat kecil tempat kita berada.

Nilai yang Universal itu adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan atau Persaudaraan sesama manusia, Kepemimpinan berdasarkan Hikmat Kebijaksanaan, dan harapan untuk mendapatkan Rahmat dari Tuhan melalui terwujudnya Keadilan Sosial bagi bangsa Indonesia.

Dengan tulisan Hikmat ini, penulis mengajak semua orang baik secara pribadi, maupun yang termasuk dalam kelompok atau kegiatan-kegiatan keagamaan, pendidikan, dan sosial dimana saja berada untuk melepas ego dan perbedaan yang ada. Sesungguhnya musuh bersama kita bukan siapa-siapa, bukan bangsa atau kelompok lain, dan bukan yang berbeda dengan kita atas dasar SARA.

Musuh bersama kita ada di dalam diri kita sendiri, yaitu kebodohan dan kesombongan, simbol dari Setan dan Iblis yang mestilah kita perangi sama-sama.

Karenanya mari surutkan perbedaan dan angkat kesamaan yang ada diantara kita, bahwa kita semua menginginkan negeri ini menjadi lebih baik.

Tidak ada keeksklusifan dalam apa yang tertulis di dalam buku Hikmat. Semua bahan adalah materi untuk didiskusikan, ditambahkan, dan dikurangi untuk semakin lebih baik isinya.

Kepada yang mempunyai hikmat kebijaksanaan dan kepandaian dalam menulis, apabila ada ide atau gagasan yang bisa ditambahkan, mari memperkaya materi yang ada di dalam artikel Hikmah agar isinya semakin kaya dengan wacana yang bisa kita wujudkan bersama.

Demikian yang ingin disampaikan.

Penulis menunggu kabar gembira dari para pembaca tentang bagaimana Hikmat telah membuat lahirnya semangat perubahan besar di Negara kita tercinta, Indonesia.


Terimakasih dan Salam hangat,




Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar