Selasa, 14 Maret 2017

Bait Kesebelas



Bait Kesebelas
Bukan menghilangkan, karena keinginan terhadap obyek-obyek badan, materi, dan penghargaan dari sesama manusia akan tetap ada. Tetapi bila dibutuhkan ia tahu kapan harus menghentikan gerak keinginannya sehingga tidak membahayakan bagi kesadaran jiwanya, dengan seperti itu seseorang akan mengalami rasa yang lebih tinggi, kesadarannya menjadi mantap.
Wahai manusia, tiga keinginan itu, yaitu hasrat badan, kekayaan materi, dan keagungan di atas sesama manusia memang dibuat teramat indah dan menarik bagi manusia dan tidak akan kuasa manusia menahannya, pikiran orang sebijaksana apapun yang berusaha untuk mengendalikanya akan bisa dibawa lari dengan mudah atau diseret dengan terpaksa.
Hanyalah Tuhan yang bisa menundukan keinginan alamiah manusia melalui proses yang juga alamiah, inilah maksud dari keniscayaan bahwa kalian tidak akan berhasil dengan ilmu dan pengetahuan setinggi apapun melainkan bila diperkenankan olehNya kepadamu melalui proses yang alam berikan dalam perjalanan kehidupan kalian.
Karena itu, berpusatlah pada penyerahan dirimu pada Tuhan apa adanya, dan jangan terlalu menyesali kelemahan kalian. Karena manusia memang diciptakan lemah, agar kalian sadari hanya Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa yang kuat.
Orang yang memahami ini akan menjadi manusia yang bijaksana. Ia tidak akan bersikap berlebihan kepada orang yang telah mampu menundukan keinginannya ataupun kepada mereka yang masih terjengkang karena kemampuan kontrol dan mawas diri yang lemah.
Maka muliakan orang yang baik, berikan nasehat kepada yang membutuhkan dan terimalah nasehat, yakinlah kepada Tuhan, dan hukumlah para pembuat kejahatan dengan bijaksana karena Tuhamu agar mereka menyadari kesalahannya.

Manusia-manusia yang bisa memusatkan kesadarannya kepada-Ku sebanyak-banyaknya pada waktu-waktu yang diperlukan, mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar