Selasa, 14 Maret 2017

11:13 Hikmah bagi Negeri



11:13 Hikmah bagi Negeri

Sesungguhnya Al Quran dan Hikmah ini
adalah pemberian dari Tuhanmu
agar dengannya kalian bisa mengambil manfaat
yang besar lagi nyata dalam kehidupan kalian

Agar Tuhanmu mengangkatmu
pada tempat yang terpuji,
memberkati negerimu
dan memudahkan hidupmu,
serta menjadikan kalian bangsa yang menerangi bumi
setelah malam gelap yang panjang.


---

Penjelasan syair:

Al Quran yang diturunkan dari Yang Maha Kuasa kepada Rasulullah SAW adalah benar berasal dariNya. Maka apa yang dituliskan dalam kitab Hikmah ini adalah usaha untuk menjelaskan kembali atau menghidupkan apa yang telah terlupakan oleh masa dari sejak diturunkannya Al Quran.

Usaha untuk menuliskan Hikmah bukan semata atas kemampuan diri pribadi, namun atas bantuan dari banyak pihak dan bisa selesai seyakin-yakinnya penulis dengan segala kerendahan hati merasa hanya atas pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Karena itu bagi penulis, Hikmah ini adalah pemberian dari Yang Maha Kuasa yang memiliki sebuah tujuan besar di dalamnya. Sebagai bukti berasal dariNya, adalah dalam kemanfaatan yang dirasakan oleh para pembacanya. Tanpa adanya kemanfaatan yang besar dan nyata dalam kehidupan pembacanya, tidaklah Hikmah bisa dikatakan sebagai pemberian dariNya sebagaimana yang dituliskan di syair di atas.

Oleh karenanya, dikembalikan kebaca hasil baca dan olah pikir serta rasa dari Anda para pembaca sekalian tentang kebenaran Hikmah ini. Apabila bermanfaat, sampaikanlah syukur kepadaNya. Dan apabila dirasakan tidak dan malah sebaliknya, itu semata karena kebodohan dan kesalahan penulis.

Maka, setelah diselesaikan tulisan Hikmah dan penjelasannya disampaikan utuh serta dapat diterima dalam artian dipahami, tujuannya adalah agar Yang Maha Kuasa mengangkat kita ke tempat atau kedudukan yang terpuji sebagai seorang manusia yang menjalani kehidupan di dunia.

Dengan semakin banyak yang membaca dan memahami pesan tersirat maupun tersurat yang disampaikan, pengaruhnya akan semakin luas. Apabila yang menerima sudah sangat banyak, setiap diri dan pribadi menjadi lebih baik dalam menjalani hidup pengaruhnya pasti akan sampai kepada bangsa atau negeri.

Indonesia yang lebih baik adalah hasilnya. Hidup yang lebih mudah untuk dijalani oleh segenap rakyatnya dan jadilah karenanya bangsa ini akan terus naik derajatnya. Pada akhirnya ketika situasi dan kondisi terus membaik, pastilah banyak negeri yang ingin meneladani. Ketika ini terjadi, jadilah bangsa Indonesia bangsa mercusuar dunia yang menerangi malam peradaban hingga terbitnya fajar kebangkitan.

Dunia yang lebih baik karena telah diturunkanNya kembali Hikmah kepada manusia setelah sebelumnya hilang ditelan masa. Merujuk kepada sejarah dihancurkannya Bait Al Hikmah oleh bangsa Mongol dipimpin oleh Hulagu Khan yang mengakhiri masa keemasan Islam pada masa Kekhalifahan Abassiyah, maka Hikmah yang terangkat atau terbuang akan turun kembali.

Sekali lagi percepatan perubahan peradaban akan terjadi kembali. Itulah berkat teramat besar dari Tuhan kepada manusia, ketika Tuhan hendak "menampakan" keberadaanNya melalui kejadian besar yang mengubah tata perekonomian dan kepemimpinan yang sebelumnya kacau balau karena kehilangan arah atau Petunjuk Tuntunan Hidup dariNya secara tiba-tiba dan sangat cepat berubah menjadi sebuah tatanan besar di dunia yang membahagiakan penduduk bumi serta menghancurkan para pembuat kejahatan.

Maka, ketika perubahan besar yang terjadi dikatakan oleh para pembuat perubahan sebagai semata atas mengikuti PetunjukNya yang nyata, semestinya tidak ada lagi keraguan bahwa benarlah Petunjuk itu memang berasal dariNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar